Header Ads

Beriklan di Hati Pitate

Perangi Parasitmu!

Pernah merasa kalo kadang-kadang anda jauh banget dari Tuhan atau Tuhan jauh banget dari anda (sama aja sich prinsipnya...), nyari-nyari kesibukan di hari Ibadah, atau nggak mau ketemu ama pendeta dan majelis di gereja? Itu tanda-tandanya kalo anda lagi lowbat atau mungkin operating system sedang digerogoti virus rohani yang tumbuh karena adanya parasit dalam dirimu.... Nah, sekarang ayo kita kenali parasit-parasit yang kemungkinan besar bisa nempel dalam diri kita, yang bisa aja akan MENGKERDILKAN, MENUMPULKAN, dan MEMATIKAN benih-benih rohani kita...


1. KEMALASAN
Nah kalo yang ini contohnya yang terjadi pada kelima orang gadis yang rada bodoh dalam cerita penantian sang mempelai. Matius 25:5 "Tetapi karena mempelai itu lama tidak datang-datang juga, mengantuklah mereka semua lalu tertidur." Eh pas pengantinnya datang mereka pada kelabakan. Udah malas bawanyak minyak untuk pelita, masih ditambah dengan bermalas-malasn sampe ketiduran... Dan akhirnya ketinggalan untuk masuk ke ruangan pesta. Amsal 18:9 "Orang yang bermalas-malas dalam pekerjaannya sudah menjadi saudara dari si perusak." Makanya jangan suka malas mengerjakan apa yang Tuhan percayakan kepada kita sesuai dengan talenta kita masing-masing.

2.  KEDUNIAWIAN
Orang-orang Afrika punya cara unik untuk nangkap monyet. Mereka meletakkan kacang tanah dalam botol yang diikat. Saat si monyet sedang berusaha mengambil kacang kesukaannya, datanglah mereka untuk menangkap si monyet. Di saat itu juga pasti sang monyet bakal lari ketakutan kan, tapi dia juga nggak mau melepaskan botol yang berisi kacang tadi. Tentu saja mereka dengan mudah menangkap si monyet yang sibuk mempertahankan kacang miliknya. Walaupun kita bukan monyet, tapi dalam gaya hidup sering mirip dengan monyet tadi. Pengen dekat dengan Tuhan tapi tetap ingin menikmati kemegahan duniawi dan semua kesenangannya. Ini juga terjadi pada teman-teman Paulus sesama pewarta Injil, II Timotius 4:10 "karena Demas telah mencintai dunia ini dan meninggalkan aku."

3. KESOMBONGAN
Amsal 16:18. "Kecongkakan mendahului kehancuran, dan tinggi hati mendahului kejatuhan." Tuh kan dibilang juga apa... biasanya orang yang mulai sombong dengan apa yang dia miliki, dapatkan, rasakan, deesbe, pasti dekat ama kejatuhan dalam dosa. Kata orang sih, Kota yang paling susah untuk ditaklukan adalah KOTA JIWA alias diri sendiri. Kenapa? karena dibentengi oleh : Kecongkakan, Kemarahan, Kecemburuan, Kecabulan, kelahapan, kemalasan, dan keserakahan. Dan orang sombong tidak disukai Allah!

4. KETIDAKPERCAYAAN
Coba deh baca di Ibrani 3:17 - 19. Biarpun sudah digodok selama puluhan tahun, Orang Israel tetap aja susah masuk ke Tanah Kanaan, hanya karena mereka TIDAK PERCAYA atas keMAHAKUASAAN Tuhan Allah. Tapi lain halnya dengan Yosua dan Kaleb, mereka otomatis bisa masuk ke kanaan karena benar-benar PERCAYA padaNya. Orang jaman sekarang juga begitu... hanya percaya pada:
  • Hal-hal yang nyata kelihatan
  • Ramalan-ramalan
  • Hayalan-hayalan
  • Perkataan manusia
Oops parasit ini ada nggak sama kita sekarang?

5. KEPANGKATAN 
Istilah lainnya adalah selalu ingin tampil di muka dan dihargai ama banyak orang.... Nah kalo parasit yang ini amat pintar soalnya dalam gereja pun mereka tumbuh subur dengan kedok pelayanan. Coba baca cerita yang seru tentang ini di jaman Om Paulus masih in action, mulai di III Yohanes 1:9.


Ok guys, setelah tahu 5 parasit ini, mudah-mudahan kita jadi sering mandi supaya tidak ditumbuhi parasit yang akan menghalangi kedekatan kita pada Tuhan. Sangat disarankan untuk menggunakan sabun "Firman Tuhan" dan siraman "Doa" sebagai langkah pencegahan. Ayo perangi Parasit !

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.