Header Ads

Beriklan di Hati Pitate

POK - POK heboh lagi...


Untuk beberapa waktu saya sudah tidak sempat lagi mengup-date blog ini. Kurang waktu dan Kurang bahan juga membuat saya agak meninggalkan blog ini. Tapi beberapa hari terakhir saya agak gusar membaca berita di beberapa media cetak dan di internet juga tentang kehadiran Pok-pok di Titiwungen, Manado.

Mulanya biasa saja seperti kata lagu... tapi akhirnya bikin saya panas ingin ikut memberikan pandangan. Jadi permisi dulu untuk para pakar dunia gaib atau hantu, para pemerhati setan dan komentator hantu, saya ingin ikut bicara tentang tema satu ini.


Pok-pok sebenarnya bintang lama di daerah manado, cuma sayang baru sekarang diekspos oleh orang manado. Mungkin karena baru sekarang saja media massa jadi asik ikut-ikutan meliput keberadaan pok-pok saat sedang beroperasi. Malah kalo tidak salah ada wartawan salah satu surat kabar yang ikut-ikutan menjadi saksi kemunculan pok-pok. Hanya saja kesaksian si wartawan juga kurang jelas, mungkin karena waktu melihat pok-pok agak takut juga.

Menurut saya kalo dibiarkan, maka ini akan jadi media promosi buat pok-pok dan rekan-rekannya untuk melebarkan sayap kekuasaannya di daerah manado. Si Super Star ini sebenarnya sudah dikenal oleh oma dan opa kita dari dulu. Bahkan menurut cerita, sejak jaman Belanda, ada banyak opas-opas yang lari ketakutan karena ada kepala terbang melintas di depan mereka saat mereka patroli.

Orang Minahasa dan Manado belum pernah mendokumentasikan secara jelas sosok pok-pok. Bahkan belum ada penelitian secara ilmiah untuk pok-pok, makanya belum ada definisi dan gambaran yang jelas tentang pok-pok. Tapi di daerah lain ada beberapa fakta yang mirip dengan pok-pok, namun yang paling mirip adalah di daerah Sumatera Barat dan disebut PALASIK. Beberapa ciri-ciri legenda mereka mirip sekali dengan cerita pok-pok yang berkembang di daerah kita.

Untuk beberapa kesempatan, orang mengatakan kalau pok-pok itu berwujud perempuan yang hanya kelihatan kepala dan seluruh isi badannya. Jadi Kepala, secara berurutan tulang leher dan tulang belakang beserta dengan organ-organ yang melekat padanya terlepas dari badan dan kemudian terbang mencari mangsa. Dikatakan lagi kalau mereka suka sekali memakan orok yang masih dalam perut hingga ke bayi-bayi yang baru berumur di bawah 1 tahun. Kemudian para orang tua menganjurkan untuk mendehem, mengetuk dinding, memukulkan sapu ke lantai, bersuara keras, dan buat keributan lain untuk mengusir pok-pok. Ada pula yang memanggil orang sakti (tonaas) untuk mengusir pok-pok yang banyak mengganggu ketentraman kampung.

Akh, sebenarnya cerita ini sudah saya dengar sejak saya berusia 5 atau 6 tahun. Mulanya saya anggap semua itu 100% benar, tapi beranjak dewasa dan mengenal dunia nyata, saya mulai paham kalau "tidak semua yang loe dengar itu benar."


  1. Pok-pok atau palasik atau apapun namanya, adalah pekerjaan orang-orang yang terikat dengan kuasa gelap lewat ilmu hitam. Dan celakanya lagi, kayak ilmu kebal tubuh, ilmu pok-pok juga bisa diwariskan dan dipelajari siapa saja yang mau mempelajarinya. Tapi tidak menular kok. Namun kalo anda berniat belajar saya mau kasih tahu bahwa susah sekali dan banyak ruginya belajar ilmu begitu. Lebih baik belajar di sekolah / kampus buat masa depan.
  2. Pok-pok tidak hanya perempuan. Ada juga yang laki-laki dan malah lebih banyak laki-laki karena untuk mempraktekkan ilmu ini butuh kekuatan fisik ekstra. Banyak perempuan justru tidak mampu.
  3. Pok-pok tidak hanya mengincar bayi atau orok dalam perut. Orang dewasa pun bisa dia bunuh sesuai dengan tujuannya. Dan banyak yang sudah jadi korban, setidaknya secara iman beberapa orang telah berhasil dibunuh karena akhirnya hidup dalam ketakutan. Malah banyak yang sakit setelah begadang mengejar pok-pok, eh mengaku sakit karena tabrakan dengan pok-pok. Nah mereka akhirnya lebih takluk dan salut kepada si pok-pok sendiri.
  4. Beberapa yang bilang kalo mau bunuh pok-pok harus cari badannya dan banyak di pohon-pohon besar. Ini juga tidak benar. Mereka akan meninggalkan badannya dalam sebuah ruangan tertutup seperti kamar tidur dan lainnya agar tidak ditemukan orang. Kalo tubuh mereka ditinggalkan di pepohonan atau di tengah hutan, mana mau mereka belajar ilmu ini. Pas balik ke badannya, pasti sudah bentol-bentol tuh badan karena digigit nyamuk atau lipan.
  5. Pok-pok bisa dikejar dan ditangkap. Ini fenomena yang jarang terjadi. Mungkin di beberapa kesempatan bisa tapi secara logika, dia terbang... yang mengejar jalan kaki atau lari. Kecuali yang mengejar punya ilmu terbang juga. Nah lho, berarti temenan dong.... sama-sama bisa terbang.
  6. Perlu memanggil orang pintar/jago untuk memburu dan membunuh pok-pok. Kalo untuk yang satu ini silahkan lihat poin 5. Kalau kurang jelas, saya mau bilang ini semua pekerjaan kuasa gelap. Kan tidak mungkin setan bunuh setan. Paling digelitik sedikit dan pura-pura jatuh, kesakitan, keluar api dan asap, kayak di film-film silat indonesia.
  7. Dan yang terakhir, tidak ada sistem balas dendam kalau ada satu pok-pok ketahuan. Bandingkan saja dengan sistem dagang. Kan kalo ada satu pemain jatuh, ya berarti ada lahan kosong yang terbuka lebar untuk pok-pok lain. Kenapa harus begitu prihatin untuk membalas dendam? Paling juga mereka saling kirim karangan bunga atau kirim SMS turut berduka.
Nah untuk anda semua yang sedang baca ini mau saya ingatkan. Pok-Pok dan teman-temannya bukan trend baru. Opa dan Oma kita sudah tahu dan juga sudah banyak memenangkan pertarungan melawan pok-pok. Ada beberapa nasehat opa yang diwariskan ke orang tua saya dan akhirnya tiba ke saya juga dan ingin saya bagikan untuk anda:
  1. Pok-pok bukan musuh utama kita. Lebih susah menghadapi hawa nafsu diri sendiri dibanding pok-pok. Yang jadi pok-pok saja kalah dengan hawa nafsunya untuk belajar ilmu gaib kayak pok-pok.
  2. Perbanyak persekutuan pribadi dengan Tuhan lewat Firman dan Doa serta jangan takut. Lebih baik anda ke gereja atau ibadah kelompok dibanding patroli mengejar pok-pok.
  3. Jangan lupa berdoa sebelum tidur. Termasuk doakan anak-anak anda yang masih kecil. Kalau sudah besar ajarkan kebiasaan doa sebelum tidur. Dengan berdoa dia menjadi tenang dan akan tidur. Kata orang dulu, pok-pok susah mendengar tarikan nafas teratur dari orang yang tertidur. Makanya dia bersuara agar orang ketakutan dan pada bangun semua.
  4. Tidak perlu panggil orang pintar/jago atau kumpul massa untuk mengusir Pok-pok apalagi bikin suara keributan segala. Cukup berdoa dan usir dia dengan NAMA YESUS KRISTUS.... yach itu pun kalau anda imannya cukup besar, sebesar biji sesawi. Resep memperbesar iman lihat di poin 2.
  5. Kalo ada yang bercerita dan berbicara tentang pok-pok, gunakan prinsip "Don't try this at home...!" jangan coba pelajari apalagi ingin kenalan dengan pok-pok. Anda hanya akan menambah ikatan dengan kuasa gelap.
  6. Untuk suatu daerah atau kelompok masyarakat yang sering dijambangi oleh pok-pok, lebih baik mengadakan doa puasa bersama karena pasti objek tinggal atau tujuan si pok-pok ada di sekitar daerah itu. Butuh kesatuan hati untuk melawan teror dari kuasa gelap. Dan jangan sok jago sendiri. Biarkan KRISTUS yang berdiri di depan.
Ah... dari tadi bicara tentang pok-pok terus. Lebih baik sampai di sini dulu pembicaraan kita. Kalo merasa tertarik dengan tulisan ini silahkan kasih komentar dan share ke teman-teman lain, lebih khusus yang ada di manado. Tapi jangan lupa kasih link back ya ke sini. Ditambah tulisan "...diadaptasi seijin pok-pok"  eh salah "diadaptasi dari www.hatipitate.co.nr". Terima Kasih untuk yang sudah mau mampir....

5 komentar:

  1. ah memang malas mo ba tulis noh....
    hehehe....
    bagus tuh ulasannya... mar yg penting k' Ichad n k' Angki bilang depe fokus jangan pa pok-pok mar depe fokus pa Tuhan Yesus noh... bersama Yesus segala sesuatu menjadi ringan... karena Tuhan Yesus adalah segala-galanya... eh, kan Tuhan Yesus bilang: kuasa yang ada pa torang lebih besar dari pok-pok pe kuasa, mar itu kuasa pa torang harus Dalam Nama Tuhan Yesus Kristus tantu noh.
    salam dari Gorontalo: Dave P.

    BalasHapus
  2. om swastiastu .
    .bagi umat hindu
    kalo umat hindu mendengar suara pokpok katanya sih ada orang mati...

    BalasHapus
  3. Di Jawa nyanda ada cerita hantu pok-pok. Kyapa dang suka mo belajar ilmu bagitu. Lebih baik baik-baik sekolah jo..
    Kita suka deng kakak pe tulisan :)

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.