Header Ads

Beriklan di Hati Pitate

Nevermind, I'd found someone like you

Anda semua pasti sudah pernah dengar bahkan mungkin suka dengan lagu "Someone like you" yang dinyanyikan oleh penyanyi sekaligus pengarang lagu dari Inggris, Adele. Di Indonesia sendiri, lagu ini semakin 'nge-hits' setelah dinyanyikan ulang oleh salah seorang Finalis Indonesian Idol yang tidak disangka begitu memikat para juri dan penonton di seluruh Indonesia.

Someone like you sendiri adalah lagu yang diciptakan secara bersama-sama oleh Adele dan Dan Wilson, yang terinspirasi oleh keretakan hubungan asmara dari penyanyinya, serta bagaimana sikap Adele saat menghadapi masalah itu. Dirilis oleh XL Recording, peluncurannya dilakukan dua kali yaitu yang pertama di Inggris sendiri pada 24 Januari 2011 dan di AS pada 9 Agustus 2011. Ternyata sudah cukup lama juga ya.

Dalam perjalanannya, Lagu ini mempunyai sejarah yang cukup spektakuler. Antara lain, menduduki deretan teratas dari tangga lagu di beberapa negara, seperti Irlandia, Selandia Baru, Australia, Italia, Perancis, Swiss, dan pastinya Amerika Serikat sendiri. Adele sendiri menjadi penyanyi wanita pertama yang memiliki dua single dalam satu album dalam sejarah Billboard HOT 100. Ini belum berakhir karena single ini masih juga mengukir sejarah terjual 1 juta kopi di Britania Raya, penghargaan Platinum dari British Phonographic Industry, dan Penghargaan Triple Platinum dari Recording Industry Association di Amerika Serikat. Puncaknya justru terjadi pada Acara Grammy Award pada tanggal 12 Februari 2012, di mana Someone like you memenangkan kategori Best Pop Solo Performance. Luar biasa ya..... tapi sebenarnya apa yang menjadi rahasia di balik lagu ini sehingga menjadi seterkenal sekarang dan memikat hati jutaan orang, bahkan banyak yang meneteskan air mata?

Di balik lagu "Someone Like You"
Tidak bisa dipungkiri bahwa ADELE berhasil membuat jutaan orang jatuh hati dengan lagunya "Someone Like You". Mulai dari yang kagum, senang, suka, ternganga-nganga, bengong, dan menangis ketika mendengar lagu ini. Bahkan seorang Ahmad Dani meneteskan air mata mendengar Regina menyanyikan lagu tersebut di panggung Indonesian Idol. Mengapa bisa demikian? Berikut penjelasannya.


Beberapa orang pakar Psikologi melakukan penelitian atas lagu ini dan menemukan bahwa Lagu Someone Like You dipenuhi dengan Not-not Ornamental yang disebut "APPOGGIATURA". Secara singkat Appoggiatura diartikan sebagai Not yang bentrok dengan melodi lagu sehingga menimbulkan resonansi. "Appoggiatura menimbulkan rasa tegang pada para pendengar." demikian penjelasan Martin Guhn, seorang Psikolog di University of British Columbia. "Saat not-not itu kembali ke jalur melodi maka ketegangan akan berkurang dan menimbulkan kesan nyaman yang luar biasa."

Saat itulah kebanyakan pendengar akan merasa merinding setelah dibuat tegang luar biasa. Jika ini terjadi terus berulang-ulang maka akan timbul siklus tegang dan rileks, sehingga menghasilkan reaksi yang luar biasa kuat. Reaksi ini biasanya muncul dengan menitikkan atau meneteskan air mata.

Adele sangat pintar mengatur pola lagu Someone Like You. Dimulai dengan lembut, dan nada yang berulang-ulang sehingga pendengar mendengar nada dalam frekuensi tetap. Ketika masuk bagian Chorus maka nadanya melompat satu oktaf, melodinya mulai bebas, sementara liriknya menjadi sangat dramatis. Ditutup dengan bagian ending yang sangat tenang dan sendu serta terkesan menggantung.

Di sisi lain beberapa ahli saraf menyatakan bahwa rasa senang atau nyaman secara emosional yang membanjiri pusat rasa senang di otak kita akan membuat otak melepaskan zat Dopamine. Hal yang sama terjadi pada saat orang kenyang setelah makan, berhubungan seks, atau menggunakan narkoba. Rasa Merinding yang mendahului rasa senang atau nyaman akan keluar meskipun kesan yang di dapat adalah senang atau sedih, seperti pada lagu Someone like you.

Nah, itulah mengapa Adele jadi membooming dengan lagu Someone Like You. Makanya sebelum menciptakan lagu, kayaknya kita-kita semua harus belajar tentang saraf...... Semoga bermanfaat. (dari berbagai sumber)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.