Header Ads

Beriklan di Hati Pitate

SIFAT DARI PRIBADI YANG BERKUALITAS (Bag. I)



Banyak orang selalu berupaya untuk memiliki pribadi yang disukai oleh banyak orang. Berbagai usaha pun dilakukan dari membaca pengalaman dan riwayat orang terkenal hingga mengikuti pelatihan dan seminar kepribadian. Hanya satu tujuan dari semua usaha ini, yaitu menjadikan diri pribadi yang berkualitas sehingga disukai dan diterima olah banyak orang.

Namun percaya atau tidak, sebenarnya inti dari pelajaran tentang cara hidup orang terkenal dan berhasil serta rangkuman pelajaran dari berbagai seminar kepribadian, sebenarnya sudah ada dan diberikan Tuhan sejak kita lahir. Akan tetapi semuanya tersimpan rapi dalam hati kecil setiap orang. Yang diperlukan adalah mengingat kembali dan menerapkannya dalam tindakan sehari-hari.
Ketulusan
Dalam kaitan hubungan dengan orang lain, sikap tulus yang paling disukai. Ketulusan dari seseorang membuat orang lain akan merasa aman dan dihargai tanpa kuatir dibodohi dan ditipu. Mengapa demikian, karena dalam ketulusannya seseorang akan selalu berkata benar, tidak mengada-ada, berpura-pura, atau mencari alasan bahkan memutarbalikkan fakta. Tapi ketulusan juga beresiko bagi diri sendiri karena itu harus diimbangi dengan kecerdikan. Dalam Matius 10:16 dikatakan “... hendaklah kamu cerdik seperti ular dan tulus seperti merpati.” Secara mudah bisa diartikan “Cerdik seperti ular agar tidak mudah ditipu, dan tulus seperti merpati agar tidak menipu.”

Kerendahan Hati
Pepatah lama berkata “Padi semakin berisi akan semakin menunduk” yang berarti semakin banyak kelebihan dimiliki maka haruslah semakin rendah hati. Setiap orang memiliki kemampuan dan talenta berbeda-beda sesuai dengan yang dianugerahkan sang pencipta. Tetapi tidak banyak orang yang memiliki kemampuan lebih yang bisa merendahkan diri di hadapan orang banyak. Hanya kekuatan jiwa yang bisa membuat seseorang rendah hati, dan kerendahan hatilah yang akan mengungkapkan kekuatannya. Orang yang rendah hati membuat orang yang di atasnya tidak merasa tersaingi dan menerimanya tetapi sebaliknya orang yang di bawahnya tidak akan merasa minder dan rendah diri.
Kesetiaan
Dengan memiliki kesetiaan seseorang akan selalu bisa dipercaya dan diandalkan. Satu hal yang menyusun sikap setia dari seseorang adalah rasa kesadaran diri. Ini menyadarkan seseorang bahwa dirinya berada di bawah sebuah kekuatan yang lebih besar yang akan meminta jawaban atas semua tindakannya. Karena itu orang yang setia pasti akan menepati janji, memiliki komitmen yang kuat, rela berkorban, dan tidak mudah berkhianat.
Berpikir positif
Bagi orang yang selalu berpikir pisitif, hidup akan terasa lebih mudah. Bukan karena tidak ada lagi masalah dan hambatan, namun karena dia bisa melihat sisi positif dari segala yang sedang dia hadapi atau alami. Bahkan dalam situasi terburuk sekalipun, dia akan tetap melihat hal positif di balik semua yang tertangkap oleh alat indera. Dalam pergaulan sehari-hari orang seperti ini lebih suka membicarakan kebaikan orang dari pada keburukannya. Senang memuji dan menilai orang lain secara positif. Selain itu orang ini juga akan mudah menemukan solusi dari masalah karena selalu memiliki harapan.

Pada bagian berikutnya kita kembali akan pelajari beberapa sifat yang muncul dari Pribadi yang berkualitas.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.