Header Ads

Beriklan di Hati Pitate

SIFAT DARI PRIBADI YANG BERKUALITAS (Bag. II)


Pada bagian sebelumnya kita telah berbagi tentang beberapa sifat yang akan muncul dari sebuah pribadi yang berkualitas. Antara lain, ketulusan, kerendahan hati, kesetiaan, dan selalu berpikir positif. Di bagian ini masih ada beberapa sifat yang bisa ditemui. Selamat melanjutkan...

Keceriaan
Paling tidak enak jika kita harus bergaul dengan orang yang selalu merengut, mengeluh, dan protes dengan dunia sekitarnya. Seakan semuanya berjalan dengan buruk dan tidak sesuai dengan keinginannya. Ini bisa berpengaruh secara tidak langsung kepada kita yang harus berhadapan dengan seorang yang demikian. Kita pun akhirnya merasa berhadapan dengan dunia yang tidak bersahabat dan seakan memusuhi kita. Itulah mengapa banyak orang lebih menyukai orang yang ceria. Orang yang memiliki keceriaan sudah pasti akan lebih bisa menikmati hidupnya, kadang mengeluh (kecuali waktu sakit gigi), dan selalu mencari kegembiraan. Di beberapa saat dia bisa menertawakan diri sendiri, orang lain, atau situasi yang ditemui. Tetapi yang paling berharga adalah, dalam keceriaannya dia justru bisa menghibur dan memotivasi orang lain.


Bertanggung jawab
Kecenderungan orang yang bertanggung jawab akan melaksanakan apapun dengan kesungguhan. Di saat keliru atau melakukan kesalahan, dia akan mengakui secara terbuka. Saat gagal dia tak akan menyalahkan orang lain, namun sebaliknya dia akan melihat dirinyalah yang membuat langkahnya berhasil atau tidak. Dan akibatnya bagi orang lain adalah, kepercayaan karena yakin akan menerima hasil yang baik tanpa harus menanggung kerugian yang tidak perlu.

Percaya diri
Rasa percaya diri dalam diri seseorang  tidak hanya kan berpengaruh bagi dia sendiri, karena dengan percaya diri sebenarnya seseorang telah menerima dan menghargai dirinya serta orang lain. Dengan kepercayaan diri setiap orang akan dengan mudah masuk dan bergaul dalam suatu lingkungan sekalipun baru dimasukinya. Sementara itu rasa percaya diri yang berlebihan alias PD Tinggi sebenarnya bukan bagian dari ‘percaya diri’ melainkan istilah lain untuk kesombongan.

Kebesaran jiwa
Banyak orang mengira kebesaran jiwa selalu berkaitan dengan tingkat kedewasaan diri. Namun sebenarnya kebesaran jiwa dapat tumbuh dari kedekatan seseorang dengan Tuhan. Karena kedekatan diri dengan Tuhan akan menjadikan dia pribadi yang kuat dan melihat rencana Tuhan di atas segalanya. Karena itu dia akan dengan mudah memaafkan orang lain, tidak mau mengikatkan diri pada dendam dan kebencian, tetap tegar dan tidak mudah hanyut dengan keadaan sekitar di saat menghadapi kesukaran.

Empati
Pribadi yang memiliki sifat empati berarti memiliki kecenderungan menjadi pemimpin yang baik atau teladan di tengah pergaulannya. Karena dia adalah orang yang bisa ‘menjadi orang lain’ dalam artian mampu melihat segala sesuatu dari sudut pandang orang lain dan tidak memaksakan kehendaknya pribadi. Tidak hanya sampai di situ, orang ini mampu juga menempatkan diri dalam posisi orang lain sehingga bisa memahami pikiran orang lain, serta cenderung untuk tidak menyakiti orang lain.


Semoga bisa bermanfaat buat anda tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan untuk beli buku tentang orang terkenal atau ikut seminar kepribadian.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.