Header Ads

Beriklan di Hati Pitate

Tuhan Yesus punya istri

potongan papirus
Dunia dikejutkan dengan berita sensasional di hari selasa, 18 September 2012. Dimana Majalah Smithsonian, yang diterbitkan oleh Smithsonian Institute, memuat artikel tentang ditemukannya sebuah papirus kuno yang berisi bukti bahwa Tuhan Yesus ternyata punya istri. Dan bagaikan sebuah gelombang yang terus membesar, artikel ini kemudian menyebar ke seluruh dunia melebihi tayangan sensasional di televisi.

Ini bersumber pada pernyataan seorang Profesor Karen King dari Harvard Divinity School dalam sebuah konferensi di Roma. Beliau menyatakan papirus itu diyakini berasal dari abad keempat dan diserahkan oleh seorang pengumpul artefak kuno di bagian timur Jerman. Papirus yang berukuran sebesar kartu nama itu, berisi 8 baris kalimat di kedua sisinya. Baris-baris tersebut sepertinya bagian yang terpisah dari rangkaian kalimat. 


Beberapa kalimat yang ada berbunyi :
"menyangkal. Maria layak untuk itu..." (pada baris ketiga)
"Yesus berkata pada mereka : Istriku..." (lanjutan baris ketiga)
"... dia akan menjadi muridKu.." (pada baris kelima)

Berita penemuan papirus ini kemudian diubah beberapa media menjadi sensasi yang luar biasa seakan ingin membuktikan bahwa benar Yesus punya istri. Walaupun sebenarnya beberapa sumber resmi sendiri telah menyatakan bantahan dan keraguan tentang keaslian dari papirus tersebut.

Profesor King sendiri sebenarnya telah meminta media untuk tidak mempublikasikan berita penemuan ini secara berlebihan. Dia memang sengaja menginformasikan penemuan papirus tersebut agar berbagai pihak bisa ikut melakukan tes dan analisa atas keaslian sumbernya. Lebih lanjut Profesor King menyatakan bahwa  isi papirus ini menceritakan hal lain tentang Yesus (Injil yang berbeda). Secara ringkas isi papirus ini telah menceritakan kalau Yesus memang pernah menikah, dan kemungkinan istrinya itu adalah Maria Magdalena. Hal ini sekaligus menjawab berbagai pertanyaan tentang status perkawinan Yesus.

Bagaimana menanggapinya?
gambaran Yesus dan "istrinya"
Bagi dunia kekristenan, ini bukan hal baru. Sensasi status perkawinan Yesus memang telah menjadi pembicaraan di seluruh pelosok bumi. Mulai dari penemuan papirus dan teks kuno berisi Sastra Gnostik di Mesir hingga ke meledaknya Film The Da Vinci Code dari novel fiksi karya Dan Brown. Bahkan beberapa kelompok manusia pun memanfaatkan isu ini untuk membenarkan paham yang mereka anut.

Kaum Feminis mengangkat isu pentingnya peran wanita dalam kepemimpinan gereja dengan menyatakan bahwa Maria Magdalena sebagai Rasul wanita pertama. Kelompok lain yang membenci aliran Kristen Ortodoks justru membicarakan tema ini sebagai bantahan atas ajaran kekristenan yang bertumpu pada si Yesus yang hanya seorang manusia.

Tapi kita sebagai pengikut Kristus tentu saja menanggapi ini sebagai tantangan untuk membuktikan bahwa Yesus adalah Tuhan yang berkarya secara ilahi dan tidak bercela dalam hal apapun. Persoalan kawin atau tidak, sudah jelas lewat kesaksian Alkitab bahwa Penebus Dosa kita itu adalah anak domba Allah, yang tak bercacat cela, diberikan dan berkorban untuk menebus dosa kita umat manusia.

Karena itu umat Kristiani tidak perlu bingung dan ragu, melainkan tetap memegang iman yang ada pada kita. Menanggapi pandangan dunia ini tentang "istri Tuhan Yesus", maka tanpa keraguan dan tak terbantahkan bahwa kita semua umat yang percaya adalah mempelaiNya. Kita telah mengikatkan diri dengan Allah sebagai mempelai dan menjadi bagian dalam kerajaanNya. 

Jadi istri Tuhan Yesus bukanlah Maria Magdalena atau manusia manapun, tetap kita semua sebagai umat yang percaya padaNya. Percaya saja pada hal ini dan jangan mudah terpengaruh dengan pandangan apapun.
"Tetapi apa yang ada padamu, peganglah itu sampai Aku datang" Why 2 : 25.

Kalau masih ada lagi yang bilang bahwa Tuhan Yesus punya istri, maka satu jawaban kita yang pasti... "terus gue musti bilang WOW gitu....?!

Tuhan Yesus Memberkati. (csi) 




Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.