Header Ads

Beriklan di Hati Pitate

40 Days in Pray : Hari 28. Muslim Byari di India Selatan

Send from my Blackberry,
Powered by Telkomsel.

-----Original Message-----
From: e-DOA <doa@sabda.org>
Sender: i-kan-buah-doa@hub.xc.org
Date: Tue, 15 Jul 2014 04:08:56
To: e-DOA<i-kan-buah-doa@hub.xc.org>
Reply-To: e-DOA <owner-i-kan-buah-DOA@hub.xc.org>
Subject: [40-Hari-2014] Muslim Byari di India Selatan/[28]

40 HARI MENGASIHI BANGSA DALAM DOA -- SELASA, 15 JULI 2014

MUSLIM BYARI DI INDIA SELATAN

Byari adalah sebuah komunitas kecil Muslim di distrik Karnataka, India Selatan. Ini adalah salah satu komunitas penting di antara komunitas Muslim kawasan pantai lainnya karena orang Byari adalah kaum yang dihormati, dan merupakan penduduk mayoritas dari populasi Muslim di distrik itu.

Sebenarnya, Byari merupakan sebuah masyarakat Muslim dengan budaya tersendiri. Mereka memakai bahasa Beary Bashe, dengan pengaruh Arab yang kuat, bahasa Malyalam (bahasa Kerala, India), dan bahasa Tamil (bahasa yang dipakai di Tamilnadu, India).

Pengaruh Arab

Byari memiliki sejarah panjang, lebih dari 1350 tahun. Mereka dipengaruhi oleh bangsa Arab, bahkan sebelum zaman Muhammad, sebagai dampak dari hubungan dagang dengan para saudagar Arab. Setelah bangkitnya Islam, para saudagar Muslim berbangsa Arab menarik perhatian para penduduk yang menghuni kawasan pantai India Selatan melalui dakwah dan melalui perkawinan dengan perempuan setempat.

Miskin

Dalam sejarahnya, orang Byari memiliki status sosial yang tinggi sebagai pedagang dan pengusaha. Mereka menentang Inggris dan menolak pendidikan bahasa Inggris. Seiring berjalannya waktu, hal itu merusak kehidupan usaha mereka dan akhirnya merusak masyarakat mereka. Sekarang, mayoritas dari mereka adalah petani dan hanya 20 persen terlibat dalam bisnis dan perdagangan. Meskipun beberapa tahun terakhir ada perkembangan dalam bidang pendidikan, bisnis, dan politik, sebagian besar orang Byari hidup di daerah pedalaman dan masih miskin secara sosial, ekonomi, dan pendidikan.

Kebutuhan
1. Berdoalah agar gerakan penanaman gereja dimulai di antara orang Byari melalui orang-orang di sekitar mereka yang telah lebih dahulu mengenal Kristus.
2. Berdoalah agar proyek film Yesus diteruskan dan diterjemahkan ke dalam bahasa Karnataka setempat.
3. Berdoalah agar ada keadilan dan kedamaian, serta kebijaksanaan bagi para penguasa untuk melindungi kehidupan orang Byari.
4. Berdoalah agar gereja-gereja dan badan-badan misi memusatkan perhatian pada bidang pendidikan, pembangunan, dan pengembangan masyarakat Byari.

"Nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Tuhan dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur." (Filipi 4:6) Sungguh mustahil bagi kita untuk memasuki takhta anugerah Tuhan dan kemudian keluar dengan tangan hampa. Demikian juga halnya dengan orang Byari.

POKOK DOA

1. Mari berdoa kepada Bapa di surga agar orang-orang yang telah mengenal Kristus tergerak untuk melakukan perintisan gereja bagi suku Byari.

2. Kita berdoa kepada Tuhan Yesus agar gereja maupun badan misi aktif bergerak dan memberi perhatian lebih bagi pelayanan di bidang pendidikan, pembangunan, dan pengembangan masyarakat Byari. Dan, ada kesinambungan yang baik antara para penguasa dan masyarakat Byari.

3. Mari kita memanjatkan doa kepada Tuhan kita, Yesus Kristus, agar proyek film Yesus dapat dilanjutkan dan diterjemahkan ke dalam bahasa Karnataka bagi masyarakat Byari.


Kontak: doa(at)sabda.org
Berlangganan: subscribe-i-kan-buah-doa(at)hub.xc.org
Berhenti: unsubscribe-i-kan-buah-doa(at)hub.xc.org
Arsip: http://sabda.org/publikasi/40hari
(c) 2014 oleh e-DOA dan "MENGASIHI BANGSA DALAM DOA"

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.