Header Ads

Beriklan di Hati Pitate

40 Days in Pray : Hari 32. Suriname Karibia: 20 Persen Muslim

Send from my Blackberry,
Powered by Telkomsel.

-----Original Message-----
From: e-DOA <doa@sabda.org>
Sender: i-kan-buah-doa@hub.xc.org
Date: Fri, 18 Jul 2014 21:00:00
To: e-DOA<i-kan-buah-doa@hub.xc.org>
Reply-To: e-DOA <owner-i-kan-buah-DOA@hub.xc.org>
Subject: [40-Hari-2014] Suriname Karibia: 20 Persen Muslim/[32]

40 HARI MENGASIHI BANGSA DALAM DOA -- SABTU, 19 JULI 2014

SURINAME KARIBIA: 20 PERSEN MUSLIM

Ketika memesan tiket penerbangan ke Suriname, jangan heran jika agen travel tidak tahu di mana Suriname itu berada. Negara itu agak terisolasi. Sekitar 80 persen kawasan negeri itu berupa hutan hujan tropis -- pikirkan jalan masuk ke Amazon --, yang menjadi salah satu alasan mengapa tidak banyak orang melintas masuk dari negara tetangga, yaitu Brasil.

Suriname (yang dahulunya adalah Guyana-Belanda) merupakan negara merdeka terkecil di Amerika Selatan. Bukanlah suatu hal yang luar biasa untuk melihat monyet-monyet melintasi pepohonan dan ular boa yang besar melintas jalur jalan yang akan dilewati. Kawasan pedalaman tetap tak terjamah dan jarang dihuni. Dari 560 ribu penduduknya, sebagian besar tinggal di ibu kota, Paramaribo.

Keanekaragaman

Paramaribo adalah kota yang sangat beragam. Hal pertama yang akan Saudara lihat adalah percampuran yang luar biasa dari berbagai bahasa dan manusia. Saudara akan menemukan masjid, kuil Hindu, gereja, katedral, dan sinagoge yang masing-masing hanya berjarak seperjalanan kaki.

Di negara-negara lain, umat Muslim dipanggil untuk berdoa dari puncak menara masjid. Di Suriname, yang mayoritas orang Muslimnya adalah orang Jawa, mengikuti kebiasaan dari tanah kelahiran mereka, yaitu menunggu suara beduk.

Pelayanan kristiani bagi orang miskin sangat penting, mengingat separuh dari jumlah penduduk diperkirakan hidup di bawah garis kemiskinan.

Kebutuhan

- Ada beberapa kelompok Kristen yang aktif melayani di negeri itu, tetapi Injil lambat sekali mengakar. Berdoalah agar film Jesus, Genesis project, dan lain-lain dapat menjangkau penduduk Muslim. Film Yesus telah dipakai secara luas dalam pertunjukan-pertunjukan pemutaran film dan tayangan TV di dalam lima bahasa utama. Puji Tuhan!
- The Jesus Students Suriname Movement (JSSM) telah bekerja di Suriname selama lebih dari satu dekade. Mereka meminta dukungan doa agar ada lebih banyak lagi kelompok-kelompok kecil, khususnya di Universitas Suriname (Amsal 24:11).
- Berdoalah agar orang Suriname bisa membaca Perjanjian Baru Sranan Tongo sehingga memungkinkan cahaya firman Tuhan bersinar di dalam kegelapan (Amsal 6:23; 2 Petrus 1:19).
- Kira-kira sepertiga dari jumlah penduduk hijrah ke negeri Belanda setelah memperoleh kemerdekaan tahun 1975. Karena itu, kita juga berdoa untuk orang-orang Suriname yang ada di Belanda agar dijamah oleh Injil karena banyak di antara mereka adalah Muslim, dan merekalah yang membangun masjid Jama sebagai masjid pertama di Amsterdam.

POKOK DOA

1. Mari kita berdoa kepada Bapa surgawi agar semakin banyak misi penginjilan yang bergerak di Suriname, untuk mewartakan Yesus Kristus dan cinta kasih-Nya kepada rakyat Suriname.

2. Doakan pewartaan Injil yang sudah dan sedang terjadi di Suriname agar dapat berjalan lancar dan berkembang, dan Tuhan mengirimkan semakin banyak pekerja di ladang-Nya untuk menanam dan menyuburkan Injil di tengah-tengah masyarakat Suriname.

3. Mari kita berdoa kepada Yesus Kristus bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat Suriname yang masih memiliki tingkat kemiskinan tinggi. Kita berdoa agar tangan Tuhan turut bekerja di tengah situasi kemiskinan yang terjadi sehingga mereka dapat melihat pemeliharaan Tuhan yang besar di dalam kehidupan mereka.


Kontak: doa(at)sabda.org
Berlangganan: subscribe-i-kan-buah-doa(at)hub.xc.org
Berhenti: unsubscribe-i-kan-buah-doa(at)hub.xc.org
Arsip: http://sabda.org/publikasi/40hari
(c) 2014 oleh e-DOA dan "MENGASIHI BANGSA DALAM DOA"

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.