Header Ads

Beriklan di Hati Pitate

Masih ada hari esok

Menuju tahun 2019
Tidak terasa tahun 2018 dalam hitungan beberapa jam ke depan akan segera kita lewati. Surya tahun 2019 pun sudah menanti kita semuanya. Bagi beberapa orang muncul komentar bahwa tidak terasa tahun 2018 sudah selesai. Tapi bagi yang lainnya mungkin perjalanan kehidupannya di tahun 2018 sangat berat terasa. Hingga waktu pun ikut-ikutan menekan dan terasa lama perpindahannya dari hari ke hari.

Anda masuk di kelompok yang mana? 

Dalam kelompok mana pun anda berada sangat bergantung bagaimana anda menjalani kehidupan di tahun 2018. Ada yang serba datar, ada yang penuh riak, tapi ada juga yang dari hari ke hari menjalani banyak tantangan dan ketika berhasil dilewati membuat dia naik semakin meningkat dalam level kehidupan.

Proses tiap-tiap orang memang beda dan berbeda juga tingkat kesulitannya. Setiap orang menjalaninya dengan cara dan kemampuannya sendiri-sendiri. Hasilnya juga pasti berbeda karena bila ditelusuri maka tiap orang memiliki usaha yang berbeda sesuai dengan seberapa besar keinginan dan komitmennya menaklukan hidup.

Tidak perlu membandingkan atau iri dengan pencapaian teman karena kita juga tidak tahu proses yang dia lewati untuk mencapai itu semua. Kadang kita hanya melihat dari luar bahwa seseorang begitu santai menjalani kehidupannya. Dan kita sendiri merasa jatuh bangun menghadapi masalah yang datang silih berganti. Tapi apa benar demikian kenyataannya?

Di akhir tahun seperti saat ini saatnya kita mengevaluasi rangkaian episode kehidupan kita. Lebih khusus semua yang telah kita lewati sepanjang tahun ini. Adakah keberhasilan? Ataukah lebih banyak kegagalan? Masih adakah yang belum tercapai cita-cita kita atau malah tidak terlaksana sama sekali.

Timeline pribadi
Buatlah sebuah timeline yang detil dari semua peristiwa, fakta, dan realita yang kita hadapi sepanjang tahun 2018 ini. Berilah tanda khusus untuk pencapaian serta kegagalan. Dan cobalah pandang dari jarak yang cukup, tanda manakah yang lebih banyak terlihat di timeline tersebut. Tidak perlu terlalu sedih bila banyak angka merah yang muncul karena kegagalan dan jangan juga menjadi pongah ketika tanda-tanda keberhasilan muncul dalam jumlah yang besar.

Kemudian buatlah evaluasi dengan pertanyaan-pertanyaan mendasar seperti apa, kenapa, atau mengapa agar kita bisa memahami lebih jelas lagi. Karena terkadang saat momen dalam timeline itu terjadi, kita terlalu terlena dalam keadaan dan emosi sampai tidak bisa memahami proses dan hasil yang kita dapatkan.

Dan di hari terakhir dalam tahun 2018 kita punya kesempatan untuk melihat karena itu semua sudah terjadi. Kita tinggal mencoba memahami kenapa kita bisa berhasil atau mengapa kita justru gagal.

MASIH ADA HARI ESOK

Ketika kita sudah melihat timeline 2018 semoga kita bisa lebih objektif dalam menilai diri sendiri serta mengevaluasi semuanya dengan berimbang. 

  • Ketika kita banyak melihat angka keberhasilan maka kita harus bertanya pada diri kita apakah ini akan terjadi juga di tahun 2019? Atau bagaimana mempertahankannya bahkan meningkatkannya lagi?
  • Dan sebaliknya saat angka kegagalan seakan menonjol dalam timeline tersebut maka kita juga sebaiknya bertanya apakah ini harus terulang di 2019? Bagaimana merubah keadaan dan memunculkan lebih banyak keberhasilan?
Ini wajib kita lakukan karena hidup kita tidak berhenti di akhir tahun ini. Masih ada hari esok dan esoknya lagi di tahun 2019. Masih ada timeline yang panjang harus kita jalani ke depan dan tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi.

Memang benar bahwa tidak ada satu pun dari kita manusia yang bisa menerka apa yang menanti kita di masa yang akan datang. Bahkan tidak ada siapa pun yang dapat menambahkan sejengkal pun dari usia kita.

Namun satu modal sudah Tuhan percayakan pada kita yaitu pengalaman di tahun 2018. Percayalah tidak ada satu pun yang Tuhan luaskan untuk terjadi tanpa ada satu maksud.

MASA DEPAN YANG PENUH HARAPAN

Satu janji Tuhan buat semua umatNya, bahwa,

Yer. 29:11
"Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan." (Yer. 29:11)

Indahnya jaminan dari Tuhan buat kita. Tapi janganlah kita lupa untuk membaca ayat selanjutanya mulai dari 12 - 14. Karena itulah misi kita di tahun depan. Silahkan dibaca dan dilakukan dengan penuh iman dan harap menikmati janjiNya di ayat 11.

Akhirnya, mari #sobathatipitate untuk menjalani proses yang benar di hari ini dan persiapkan diri menghadapi hari esok. Tahun 2019 harus lebih baik dari tahun 2018.

Ingat, jangan lengah karena MASIH ADA HARI ESOK.

(SUPERDAD)



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.