Header Ads

Beriklan di Hati Pitate

7 Penemuan Fenomenal di 2018 Relik Alkitab


Sobat Hati Pitate,

Tahun 2018 merupakan tahun yang penting bagi sejarah arkeologi Alkitab. Karena beberapa pekerjaan penelitian dari para arkeolog dan sejarawan Alkitab membuahkan hasil. Bahkan beberapa di antaranya adalah hasil dari pekerjaan yang telah dikerjakan lama sebelumnya. Menurut laporan yang berhasil dikumpulkan ada 20 penemuan bersejarah terkait dunia Alkitab. Namun berikut ini Hati Pitate bagikan 7 di antaranya yang paling fenomenal dan dianggap paling dekat dengan sejarah dan isi Alkitab.

Kolam berusia 1.500 tahun. (Campuinfoto/Thinkstock)
1. Kolam Kuno Berusia 1500 Tahun

Pada bulan Febuari 2018, Stasiun TV Fox News melaporkan sebuah temuan di Taman Ein Peninya, Israel. Pihak Otoritas Benda-benda Purbakala Israel menemukan sebuah kolam kuno yang dibangun pada era Bizantium. Diperkirakan kolam itu dibangun sekitar abad ke empat hingga abad ke enam sesudah Masehi. 

Menurut catatan sejarah, Kolam tersebut dibangun di tempat Filipus membaptis Kepala Perbendaharaan Etiopia. (Kis. 8:38)

2. Kota Kuno Zaman Raja Daud 

Tidak banyak dari kita di Indonesia yang tahu kalau sampai dengan 25 tahun yang lalu keberadaan Raja Daud yang diceritakan dalam Alkitab mulai diragukan karena tidak ada satu pun bukti fisik yang ditemukan dari era di mana dia berkuasa atas Israel.

Prof. Avraham Faust, sang kepala tim arkeolog, menceritakan bagaimana figur Raja Daud dan kisahnya mulai diperdebatkan oleh para ahli. Hingga akhirnya pada 25 tahun yang lalu diputuskan untuk memulai pencarian bukti kehidupan yang ada di zaman Daud memegang Tahta Kerajaan Israel.

Kota Zaman Raja Daud ((Ruus McCabe/Thinkstock)
Hingga akhirnya pada bulan Mei 2018, Faust dan timnya mengumumkan penemuan berupa kota kuno di daerah Tel 'Eton, Yudea Shephelah sebelah Timur perbukitan Hebron. "Ini menunjukkan bahwa di daerah dataran tinggi tersebut ada pusat pemerintahan yang Besar," jelas Faust.

Hal tersebut cukup untuk membuktikan tentang keberadaan peradaban besar di zaman pemerintahan Raja Daud.

3. Manuskrip Injil Markus yang paling tua

Fragmen Injil Markus (Egypt Exploratrion Society)
Pada akhir bulan Mei 2018, sekelompok ilmuwan berhasil mengidentifikasi sebuah fragmen yang memuat Injil Markus. Sebelumnya fragmen ini diperkirakan ditulis pada akhir abad kedua hingga awal abad ketiga Masehi. Namun pada tahun 2012 kemudian diperdebatkan usianya karena dianggap lebih tua atau setidaknya pada sebelum abad pertama berakhir.

Akhirnya di tahun 2018 lalu mereka berhasil memastikan bahwa fragmen tersebut ditulis di 100 hingga 200 tahun lebih tua dari temuan awal mereka. Kemungkinan ini adalah fragmen tertua dan pertama yang ditulis oleh para murid Yesus untuk menyebarkan Kabar Baik.

Gerbang Zer/Bethsaida (Svarshik/Thinkstock)

4. Gerbang Kota 12 Suku

Pada bulan Juli, para arkeolog di Israel menyatakan bahwa mereka telah menemukan gerbang masuk ke kota Alkitabiah dari Perjanjian Lama yang disebut Zer. Zer, yang kemudian disebut Betsaida dalam Perjanjian Baru, ditemukan di daerah Dataran Tinggi Golan di Israel. Kota ini disebut sebagai tempat bagi banyak mukjizat Yesus di seluruh Injil. 

Di Markus, Yesus menyembuhkan orang buta di Betsaida dan dalam Lukas Yesus memberi makan 5.000 orang di sana. Selain itu, Bethsaida dikatakan sebagai kota asal dari tiga Murid Yesus dalam Alkitab, yaitu Andreas, Petrus, dan Filipus.

Lukisan Yesus Dibaptis (Dror Maayan)

5. Lukisan Yesus dibaptis berusia 1.500 tahun

Pada bulan November, para arkeolog menemukan lukisan Yesus Dibaptis yang berusia 1.500 tahun. Lukisan itu, menurut para ilmuwan berisi gambaran tertua yang diketahui di Israel tentang Yesus yang dibaptis, ditemukan di dalam sebuah gereja di desa Shivta, di Israel. 

Menurut jurnal Antiquity, sejauh ini lukisan tersebut adalah satu-satunya lukisan Yesus dibaptis yang yang berasal dari lokasi aslinya dan diduga dibuat pada abad 8 dan 9.

6. Cincin Pilatus

Menurut laporan media Jerusalem Times, para Arkeolog telah menemukan sebuah cincin tembaga yang diperkirakan berusia 2000 tahun. Di atas cincin tersebut ada tulisan "of Pilate" atau milik Pilatus, seorang tokoh penting dalam kisah penyaliban Kristus.

Para ilmuwan percaya bahwa Pilatus yang tertulis di cincin tersebut adalah Pontius Pilatus yang diperkirakan berkuasa sebagai Gubernur Yudea pada tahun 26 - 36 Masehi. Cincin seperti ini dianalisa berasal dari abad pertama di mana sangat cocok dengan masa dan wilayah Pilatus berkuasa.

Tabut Perjanjian Allah (James Tissot)

7. Tabut Perjanjian Allah

Dan yang paling fenomenal adalah yang ketujuh yaitu Tabut Perjanjian yang mungkin juga telah ditemukan tahun 2018 kemarin. Menurut Bob Cornuke yang adalah presiden Lembaga Penelusuran dan Eksplorasi Arkeologi Biblika (BASE), Tabut Perjanjian Allah dan Loh Sepuluh Perintah mungkin telah ditemukan di sebuah gereja di Ethiopia. 

St Mary's Church of Zion di Axum Ethiopia, yang dijaga oleh "Wali Tabut" dikatakan sebagai rumah dari kedua peninggalan Alkitab kuno ini. Saat ini tidak seorang pun selain Wali Tabut yang diizinkan untuk melihatnya. Sebelumnya  memang ada bukti yang menunjukkan bahwa Tabut ini dibawa ke Ethiopia. 

St Mary's of Zion Church kini telah diselidiki oleh BASE dan Smithsonian Magazine, tetapi menurut Sang Wali, manusia tidak dapat melihat Tabut atau mereka akan mencemari relik suci tersebut. Jadi untuk saat ini, Tabut Perjanjian yang hilang akan tetap menjadi misteri.


Nah itu dia tadi 7 penemuan fenomenal relik Alkitab yang ada di tahun 2018. Semoga bisa menambah pengetahuan Sobat Hati Pitate. Semakin banyak fakta Alkitab terungkap dan semakin terbuka kebenaran tentang Pribadi Allah san Pencipta sekaligus Penyelamat umat Manusia.

(Superdad)
--------

Kami tunggu tanggapan dan komentar anda lewat kolom yang disediakan atau hubungi admin di halaman HUBUNGI KAMI.

Bila anda merasa diberkati dengan tulisan ini silahkan share lewat akun media sosial anda masing-masing. Gunakan tombol share di bawah artikel ini atau copy linknya dan sematkan di akun medsos masing-masing.


Update dan info terbaru bisa anda dapatkan lewat kanal dan halaman kami di media sosial Hati Pitate berikut ini :


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.