INFO

30/random/ticker-posts

Seri Renungan Paskah : Ketegasan Tanpa Hak



Renungan Paskah dari Bible for Android Hari 4



Pembacaan : Markus 7:14-37



Renungan :

Ketegasan Tanpa Hak

Tetapi perempuan itu menjawab: "Benar, Tuhan. Tetapi anjing yang di bawah meja juga makan remah-remah yang dijatuhkan anak-anak." Maka kata Yesus kepada perempuan itu: "Karena kata-katamu itu, pergilah sekarang sebab setan itu sudah keluar dari anakmu." Perempuan itu pulang ke rumahnya, lalu didapatinya anak itu berbaring di tempat tidur, sedang setan itu sudah keluar.
(Markus 7:28–30)

Dengan kata lain, perempuan itu berkata, "Benar Tuhan, tapi anjing juga makan dari meja itu, jadi aku di sini untuk bagianku." Yesus telah menceritakan kepada perempuan tersebut sebuah perumpamaan di mana Dia memberinya gabungan antara tantangan dan tawaran, dan perempuan itu mengerti. Dia merespon tantangan tersebut: "Oke, saya mengerti. Saya bukan dari Israel, saya tidak menyembah Tuhan yang disembah oleh orang Israel. Makanya, saya tidak punya tempat di meja. Saya menerimanya."

Bukankah ini luar biasa? Perempuan tersebut tidak tersinggung; dia tidak membela haknya. Dia berkata, "Baiklah. Saya mungkin tidak punya tempat di meja—tapi yang ada di meja tersebut lebih dari cukup untuk semua orang di dunia ini, dan saya butuh bagian saya sekarang." Dia bergumul dengan Yesus dengan cara yang paling terhormat dan dia tidak akan menerima jawaban tidak. Saya menyukai apa yang dilakukan perempuan ini.

Dalam budaya Barat kita tidak memiliki ketegasan semacam ini. Kita hanya menuntut hak kita. Kita tidak tahu bagaimana cara bersaing kecuali kita berdiri untuk hak kita, berdiri dengan harga diri dan kebaikan kita dan berkata, "Ini yang layak saya dapatkan." Tapi perempuan ini tidak melakukannya sama sekali. Inilah ketegasan yang tanpa hak, sesuatu yang kita hanya tahu sedikit. Dia tidak berkata, "Tuhan, berikan apa yang layak saya dapatkan bedasarkan kebaikan saya." Dia berkata, "Berikan apa yang tidak layak saya dapatkan berdasarkan kebaikan-Mu—dan saya butuh itu sekarang." Apakah Anda lihat betapa luar biasanya dia mengenali dan menerima tantangan dan tawaran yang tersembunyi di dalamnya?

Terjemahan yang bagus dari jawaban Yesus kepada perempuan tersebut adalah "Jawaban yang tepat!" Jawaban Yesus dalam beberapa terjemahan lain "Jawaban yang bagus, jawaban yang luar biasa." Maka permintaannya dijawab dan putrinya sembuh.

Bagaimana iman perempuan non-Yahudi ini mempengaruhi cara Anda mendekati Tuhan?

Kutipan dari YESUS SANG RAJA oleh Timothy Keller
Dicetak ulang dengan penataan ulang oleh Riverhead Books, anggota Penguin Group (USA) LLC, A Penguin Random House Company. Hak cipta © 2011 oleh Timothy Keller

Dan dari PANDUAN PEMBELAJARAN YESUS SANG RAJA oleh Timothy Keller dan Spence Shelton, Hak cipta © 2015 oleh Zondervan, sebuah divisi dari HarperCollins Christian Publishers.

Posting Komentar

0 Komentar