Header Ads

Beriklan di Hati Pitate

5 Hal yang diinginkan Karyawan dari pekerjaannya

Sobat Hati Pitate,

Buat kamu yang sekarang menjalankan usaha atau sedang menduduki jabatan di bagian Manajerial, pasti sering mendengar kalimat "Karyawan selalu ingin gaji yang tinggi", "Karyawan selalu minta fasilitas kerja yang terbaik", atau kalimat yang lain jika sedang membahas 'kenapa karyawan tidak produktif dalam pekerjaannya?'

Benarkah demikian? Mari gali lebih dalam.
Gaji bagi seorang karyawan adalah hasil dari dia bekerja. Dan sudah pasti si karyawan akan mengukur gajinya juga dari caranya bekerja dan hasil dari pekerjaannya. Kebanyakan karyawan, yang paham, tidak akan menuntut gaji yang tinggi kalau dia tahu mutu hasil kerjanya tidak menunjang hal itu. Tidak ada buruh yang akan menuntut pimpinannya untuk memberi gaji selayaknya seorang Manajer.

Bagaimana dengan urusan fasilitas kerja? Ya, ini juga pasti dibutuhkan oleh karyawan untuk melaksanakan tugasnya. Dan sudah selayaknya perusahaan menyediakan hal tersebut. Coba bayangkan seorang Office Boy yang tidak disediakan alat Pel atau Sapu. Bagaimana dia akan bekerja? Fasilitas seharusnya dimaksimalkan oleh perusahaan untuk memaksimalkan hasil yang akan diterima.

Tetapi sebenarnya ada 5 hal yang sangat diinginkan oleh karyawan :

  1. Penghormatan terhadap Hak Azasi. Jika orang merasa mereka diperlakukan dengan hormat, mereka biasanya merespon dengan hormat dan tindakan yang bermartabat juga. Bagian dari menghormati adalah pujian dan umpan balik sehingga orang tahu bagaimana mereka harus berlaku di tempat kerja.
  2. Bagian dari Tim. Ini berarti bahwa mereka tahu dan memiliki akses ke informasi secepat orang lain di tempat kerja Anda. Ketika mereka selalu merasa dikucilkan, maka mereka akan cenderung tidak mau ambil bagian dalam pekerjaan juga.
  3. Pengembangan Diri. Karyawan ingin belajar keterampilan baru, mengembangkan kemampuan mereka, dan peningkatan atas pengetahuan serta karir mereka. Memberi peluang mengembangkan diri bagi setiap karyawan menunjukkan komitmen Anda untuk membantu mereka mengembangkan karir mereka. Mereka pasti akan menghargai ini.
  4. Terlibat dalam Keputusan dan Kebijakan. Karyawan ingin memiliki dampak pada keputusan yang dibuat tentang pekerjaan mereka. Keterlibatan karyawan dan pemberdayaan karyawan akan membantu karyawan bersedia terlibat untuk mengajukan energi diskresioner mereka untuk bisnis. Semakin mereka buta dalam suatu urusan akan semakin kecil juga rasa ingin terlibatnya.
  5. Karyawan ingin Kepemimpinan. Mereka ingin rasa berada di jalur yang benar, pergi ke suatu tempat yang telah ditentukan dan penting. Mereka suka menjadi bagian dari sesuatu yang lebih besar dari diri mereka sendiri. Karyawan ingin tahu bahwa seseorang yang dapat dipercaya, bertanggung jawab.

Bila kelima hal ini ada di sebuah perusahaan maka akan tercipta peningkatan motivasi dan produktivitas kerja yang juga akan meningkatkan kebahagiaan baik bagi karyawan, pimpinan, dan perusahaan tentunya. Bagaimana di tempat anda bekerja?

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.