Header Ads

Beriklan di Hati Pitate

HATI PITATE menudukung penyebaran HOAX ?


Sobat Hati Pitate,

Setelah kurang lebih 8 tahun HATI PITATE hadir di dunia maya, baru-baru ini admin mendapatkan beberapa pertanyaan menarik dari pengunjung sekaligus sobat hati pitate. Pertanyaan-pertanyaannya terasa penting untuk dijawab tidak hanya untuk si penanya, tapi untuk semua sobat hati pitate. Coba simak bahasannya

Pertanyaan-pertanyaan beliau agak panjang, tapi coba disingkat tanpa menghilangkan dan membatasi esensi pertanyaannya sendiri. Kurang lebih seperti ini:

Kenapa Hati Pitate tidak memposting hal-hal yang berkaitan dengan semangat melawan HOAX, HATESPEECH, PROVOKASI, dan sebagainya?

Apa HATI PITATE tidak akan mengambil bagian dalam gerakan ini dengan memposting tanggapan, jawaban, klarifikasi, utk informasi negatif di dunia maya?

Apakah HATI PITATE mendukung penyebaran HOAX dengan membiarkannya terus terjadi?

dan beberapa pertanyaan lain yang kurang lebih mendukung 3 pertanyaan di atas..


Butuh waktu untuk memikirkan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini. Tapi syukurlah dalam waktu seminggu admin menemukan beberapa hal yang mungkin bisa menjawabnya.

POSTINGAN MELAWAN HOAX, HATESPEECH, PROVOKASI, DLL.

Beberapa waktu lalu terutama di masa awal Hati Pitate hadir, admin memposting artikel dan cerita dengan tema-teme seperti ini. Di antara tentang Kekerasan terhadap jemaat gereja, atau juga tentang konflik di tolikara. Ada yang masih ingat? Kalo sudah agak lupa silahkan di cari sendiri ya.

Apa hasil dari postingan itu? ADU ARGUMENTASI di kolom komentar, Akun Admin diserang oknum yang tidak bertanggung jawab hingga semua jalur media sosial HATI PITATE dibajak. Buntutnya admin harus repot-repot menjawab komentar bernada keras, membenahi konten weblog, meningkatkan perlindungan, serta hal-hal teknis lainnya yang menyita waktu, tenaga, dan biaya. Bahkan bila anda terus mengikuti HATI PITATE, beberapa postingan dan akun medsos sempat dialihkan, domain berubah-ubah, dan bahkan ada postingan yang hilang.

Admin menyadari bahwa dampaknya justru lebih merugikan bukan hanya untuk admin, tapi juga untuk sobat hati pitate semuanya. Walaupun semua bisa teratasi dengan baik berkat penggunaan teknologi yang lebih baik. Kami pun menyadari ternyata MEMBERITAKAN KABAR BAIK pun harus beradaptasi dengan kemajuan jaman.

Atas dasar itulah akhirnya admin memutuskan untuk meniadakan postingan-postingan seperti itu. Takut? Tentu saja tidak karena tidak ada alasan untuk takut. Tapi yang dipikirkan adalah PRIORITAS. HATI PITATE lebih fokus untuk memberitakan kabar baik, kabar sukacita, pendidikan, pembinaan, pembentukan, serta pendampingan kepada semua Sobat Hati Pitate. Sangat disayangkan kalau tugas besar ini kemudian harus tergerus dan menghilangkan tujuan utamanya.

Lagi pula hoax, hatespeech, provokasi, dan hal-hal negatif lainnya dilatarbelakangi oleh KEPENTINGAN. Kami masih percaya bahwa ada lebih banyak orang yang tidak butuh itu. Tapi Sobat Hati Pitate lebih butuh kedamaian, kesejukan, dan kenyamanan saat berkunjung di HATI PITATE.

MENANGGAPI, MENGKLARIFIKASI, MERALAT, MENJAWAB INFORMASI NEGATIF

Dalam beberapa waktu terakhir selain banyaknya postingan negatif yang berisi hoax, hatespeech, provokasi, dll, di berbagai media sosial bermunculan akun-akun tandingan yang kemudian memberikan tanggapan, klarifikasi, meralat, atau sekedar menjawab postingan-postingan tersebut. Itu memang baik dan perlu mengingat masyarakat perlu mengetahui informasi yang benar sesuai fakta dan kenyataan dibalik semua postingan negatif. Tapi kembali perlu dilihat, hasilnya apa? Kebenaran terungkap itu sudah pasti, tapi selain itu muncul komentar berlawanan, adu argumentasi, pembullyan, komentar kasar dan kotor, serta aneka ragam reaksi lainnya. 

Bahkan lebih dari itu, tidak lama kemudian akan muncul postingan lain dengan tujuan yang sama tapi isinya berbeda. Kembali lagi dijawab, dikonfrontir, dan diklarifikasi. Admin justru melihat akhirnya muncul 2 kubu yang bersahutan lewat postingan di media sosial. Yang rugi justru masyarakat dalam hal ini, karena tiap hari mereka disuguhkan hal negatif. Baik yang posting duluan maupun yang menjawab sebenarnya sama saja. Karena biasanya jawaban disertakan dengan postingan aslinya yang akan disanggah atau diklarifikasi.

Tahukah anda saat membaca postingan tanggapan, sebenarnya orang justru terdorong untuk mencari postingan aslinya yang negatif. Keingintahuan manusia membuat itu mungkin, karena tidak mungkin membaca akibat kalau tidak tahu sebabnya. Akhirnya secara tidak langsung tujuan sanggahan untuk mengoreksi, justru jadi media iklan bagi postingan negatif sebelumnya. Paham kan?

Langkah paling tepat melawan semua postingan negatif di dunia maya adalah dengan TIDAK MEMBERI RUANG untuk postingan tersebut tersebar, termasuk lewat tanggapan. Bukankah peribahasa mengajarkan kalau Anjing Menggonggong Kafila berlalu. Selain itu dengan memperbanyak konten di media sosial yang berisi hal-hal positif, membangun, menguatkan, dan mensejahterakan. Kalau postingan positif lebih dominan di pandangan netizen sudah pasti postingan negatif tidak akan laku. Di samping itu perlu terus mengedukasi masyarakat agar tidak langsung percaya dengan informasi yang diterima. Dipahami, dikatahui peruntukannya, tidak asal menanggapi, dan tidak menyebarkan informasi yang negatif atau diragukan kebenarannya.

Nah atas dasar itulah kenapa HATI PITATE tidak membuat postingan yang isinya berupa tanggapan, jawaban, klarifikasi, atau sanggahan untuk informasi negatif di dunia maya. Kalau pun ada pihak-pihak yang melakukan itu ya silahkan saja asalkan efektif dan menimbulkan dampak lain yang tidak perlu.

Biarlah HATI PITATE tetap pada jalurnya. 

MENDUKUNG PENYEBARAN HOAX?

Untuk hal ini, admin memastikan bahwa HATI PITATE menolak dengan tegas semua informasi negatif yang berisi hoax atau hatespeech, atau konten lainnya yang memiliki tujuan yang mengingkari kebenaran serta melanggar hukum. Tapi lebih dari pada sekedar mendukung dan memuat postingan perlawanan, HATI PITATE lebih berkonsentrasi pada konten-konten positif yang benar, bertujuan membangun, serta tidak merugikan siapa pun.

Melawan kan tidak berarti harus konfrontasi langsung. Tapi melawan dengan melakukan hal yang berlawanan yaitu mengisi dunia maya dengan berbagai konten positif dan berguna bagi banyak orang. Merebut perhatian netizen agar tidak hanya senang dengan konten mereka tapi merubah pola pikir dengan informasi yang positif agar tidak ada kesempatan bagi informasi negatif mempengaruhi pikiran mereka.

Buat anda yang setuju dengan jawaban-jawaban dari admin, ayo sama-sama lawan penyebaran HOAX, HATESPEECH, PROVOKASI, & INFORMASI NEGATIF LAINNYA, dengan :
  1. Memilih dan memilah informasi yang anda terima. Ada yang anda butuhkan tapi juga banyak yang tidak. Yang butuh silahkan didalami sedangkan yang tidak, ya sebaiknya ditinggalkan saja.
  2. Pahami informasi yang anda terima dengan pikiran yang benar, tulus, dan bersih. Ini penting agar tidak salah paham terhadap maksud pemberi informasi.
  3. Cari informasi tambahan untuk menunjang informasi tersebut. Kedangkalan isi informasi dapat menyebabkan perbedaan tafsir dan penerapannya.
  4. Jangan bagikan informasi yang tidak anda pahami, diragukan kebenarannya, atau dipastikan berisi hoax, hatespeech, provokasi, atau konten negatif lainnya.
  5. Tidak perlu memberikan tanggapan, komentar, pandangan, atau adu pemikiran dengan konten-konten negatif tersebut. Biarkan dia tenggelam dengan sendirinya sebelum berkembang dan menyebar lebih jauh.
  6. Buat yang merasa berkepentingan untuk memberikan sanggahan atau klarifikasi, cukup mengutip saja tanpa harus menyertakan postingan aslinya agar fokus penerima informasi cukup pada anda dan bukan postingan aslinya. Bila diminta oleh yang berwajib barulah anda buka, sebelum itu, sebaiknya simpan saja untuk anda sendiri.
  7. Perbiasakan untuk menempatkan rasa ingin tahu pada hal yang positif. Untuk hal negatif sebaiknya tinggalkan saja agar tidak menjadi racun buat anda maupun orang lain.

Kiranya seperti itu jawaban admin untuk anda-anda yang bertanya. Besok kita bahas yang lain saja ya. Yang positif, membangun, dan dibutuhkan oleh Sobat Hati Pitate. Salam hormat buat anda dan orang-orang yang anda kasihi. (Superdad)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.